Selasa, 30 Desember 2008

Warga Antusias Ikuti Debat Caleg

LEWOLEBA--Debat para calon anggota legislatif untuk DPRD Lembata yang digelar Lembaga Advokasi dan Penelitian (LAP) Timoris di delapan kecamatan di Kabupaten Lembata disambut hangat warga setempat. Bahkan, ada warga yang meminta forum untuk mengkampanyekan agar tidak memilih caleg dari partai yang tidak bersedia hadir dalam debat . Pasalnya, mereka menilai ketidakhadiran itu sebagai bentuk menghindarkan diri dari tuntutan publik yang bakal disampaikan dalam forum debat.
Dari 18 anggota DPRD Lembata yang masih aktif dan maju kembali menjadi caleg hanya dua orang yang terlibat dalam debat caleg. Yakni, Aloysius Urbanus Uri Murin, anggota Dewan dari PNBK yang kini menjadi caleg Hanura, dan Hyasintus Tibang Burin, anggota Dewan dari PDIP yang kembali maju. Alwi tampil dalam dua kali debat di studio radio Demos FM dan di Kecamatan Buyasuri. Sedangkan, Sintus Burin hanya sekali tampil di Loang, Kecamatan Nagawutung.
Dari sembilan kali forum debat digelar, warga lebih banyak menyoroti komitmen para caleg. "Jangan sampai Pemilu hanyalah proses menyeleksi calon orang kaya baru di Lembata. Sebab selama ini, setelah menjadi anggota DPRD baru kelihatan terjadi perubahan ekonomi yang luar biasa para anggorta Dewan, sedangkan masyarakat masih seperti yang dulu," ujar seorang warga terhadap pemaparan visi dan misi caleg yang berdebat di Lamalera, Kecamatan Wulandoni.
Isu lainnya yang cukup menonjol adalah soal rencana investasi tambang. Warga yang menolak tambang meminta komitmen para caleg untuk menggagalkan rencana investasi yang dinilai hanya akan merusak lingkungan tersebut.(fre)

Tidak ada komentar: