Minggu, 27 Maret 2011

Satria Betekeneng Plt Ketua KPUD Lembata

Satria Betekeneng, Plt. Ketua KPUD
Senin, 28 Maret 2011 | 09:17 WIB
LEWOLEBA, POS KUPANG.Com -- Anggota KPUD Lembata yang selama ini berperan sebagai juru bicara KPUD Lembata, Michael Satria Wulan Betekeneng, terpilih sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua KPUD Lembata.
Betekeneng menjadi Plt untuk mengendalikan kegiatan pemilu kada Lembata selanjutnya sambil menunggu proses pergantian antarwaktu (PAW) dari KPUD Propinsi NTT terhadap Wilhelmus Panda Mana Apa, S. Ip yang telah mengunudurkan diri sebagai ketua sekaligus anggota KPUD Lembata, Sabtu (26/3/2011). 
Rapat pleno penetapan Plt Ketua KPUD Lembata dipandu oleh salah satu anggota KPUD Lembata yang dipandang sebagai senior, Yusuf Dolu, di Kantor KPUD Lembata, Sabtu (26/3/2011) malam, sekitar pukul 20.00 wita. Dari pleno itu, ketiga anggota KPUD lainnya, Alex Rehi, Yani Making dan Yusuf Dolu mempercayakan jabatan Plt kepada  Satria W. Betekeneng.
Rapat itu digelar atas inisiatif sekretariat KPUD Lembata yang segera mengeluarkan undangan rapat untuk memilih Plt menggantikan Wilhelmus Panda.
Plt Ketua KPUD Lembata, Satria W. Betekeneng, ketika ditemui Pos Kupang di ruang kerjanya, Minggu (27/3/2011) sore, mengatakan, berdasarkan dukungan dari teman-teman anggota KPUD dan semua pihak, maka dirinya siap menjalankan tugas dan kepercayaan itu sambil menunggu proses PAW dari propinsi.
"Cepat atau lambat proses PAW-nya akan dilakukan, tapi kami berempat tetap melanjutkan tahapan dan proses yang ada sebagaimana mestinya," kata Satria.
Mengenai langkah selanjutnya, Satria mengatakan, sedang mempersiapkan pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat kabupaten, Senin (28/3/2011).
"Selain itu, kami sesegera mungkin melakukan klarifikasi berkaitan dengan semua dokumen yang dipakai dalam membuat keputusan terkait keberatan-keberatan yang disampaikan beberapa paket calon, termasuk intervensi dari KPU Pusat," katanya.
Mengenai komitmen untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu kada Lembata, Satria menegaskan, dengan dukungan dari semua pihak, termasuk tiga rekan anggotanya, dirinya tidak akan mundur selangkah pun  selama pihaknya masih berada dalam ketentuan peraturan yang berlaku.
"Saya tidak akan mundur. Kalau mundur, maka anggota KPUD Lembata tidak kuorum lagi dan itu bisa menimbulkan masalah tersendiri," tegasnya.
Ditanya lebih jauh soal motivasi mundurnya Wilhelmus Panda Mana Apa sebagai ketua dan anggota KPUD Lembata, Satria mengatakan, dirinya tidak bisa berkomentar terkait keputusan pribadi yang telah diambil oleh Mana Apa.
Yang jelas, lanjutnya, pengunduran diri ketua KPUD itu merupakan hak pribadi dan diatur dalam undang-undang.
Calon Bupati Lembata dari Paket Lembata Baru, Eliaser Yentji Sunur, yang dimintai tanggapannya oleh Pos Kupang, Minggu (27/3/2011), mengatakan, perlu dilihat substansi persoalan ini. Artinya, apakah masyarakat Lembata menginginkan agar pemilu kada itu sesuai dengan jadwalnya atau tidak. Berikutnya, perlu diketahui apa motivasi pengunduran dirinya.
"Surat pengunduran dirinya jelas, tapi motivasinya tidak jelas. Apa itu persoalan internal antara KPUD dan KPU atau persoalan pribadi dia, kita tidak bisa masuk ruang itu. Tetapi bahwa persoalan ini menjadi persoalan kita semua, bukan persoalan calon bupati saja. Kita tidak boleh menghambat semua proses pemilu kada ini maupun proses hukum. Kita mendukung bahwa pemilu kada ini harus sesuai tahapan dan jadwal yang ada, kemudian kita kami harapkan proses pemilu kada ini berjalan sesuai jadwal dan tahapan yang ada.
Di lain pihak, proses hukum, yang diperjuangkan oleh teman-teman calon bupati lain itu pun silakan berjalan. Kalau nanti hasilnya seperti apa, kami terima.
Wilhelmus Panda Mana Apa yang dihubungi Pos Kupang ke ponselnya, Minggu (27/3/2011) siang, mengatakan, dirinya belum bisa memberikan keterangan terkait pengunduran dirinya. "Saya setuju (beri keterangan), tapi waktu sekarang kurang tampan. Nanti diatur waktu kembali," jawabnya melalui SMS.
Pos Kupang hendak mengkonfirmasi dirinya terkait intervensi dari KPU Pusat seperti yang tertuang dalam surat pengunduran dirinya, Sabtu (26/3/2011), dan terkait informasi dari oknum anggota KPUD propinsi yang menghubunginya dengan mengatakan bahwa saat ini KPU Pusat sedang menyiapkan surat pemecatan terhadap dirinya. (gg)

1 komentar:

hallquartuccio mengatakan...

Is It Legal to gamble in a casino with virtual reality
Should you stay away 진주 출장안마 from virtual reality? What is virtual 강원도 출장안마 reality gambling? 영주 출장안마 【Tagged 양주 출장마사지 with virtual reality, games, sports, sports 의정부 출장마사지 】.