Selasa, 07 Desember 2010

Sukseskan Pemilu Kada Lembata

Rabu, 17 November 2010 | 21:15 WIB
LEWOLEBA, POS KUPANG.Com -- Semua komponen wajib menyukseskan pemilihan umum kepala daerah (pemilu kada) di Lembata yang tinggal satu bulan lagi. Untuk itu butuh kerja sama dan koordinasi semua pihak.
Pesan itu disampaikan Ketua KPU Lembata, Wilhelmus Panda, S.IP dalam rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Lembata, Drs. Petrus Toda Atawolo, M.Si, Sabtu (13/11/2010).
"Kerja sama dan koordinasi itu mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara hingga desk pemilu kada yang dikendalikan pemerintah dan aparat keamanan," ujar Panda.
Disaksikan FloresStar rapat itu dihadiri oleh camat se-Kabupaten Lembata, pimpinan instansi terkait, seperti Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kebangpollinmas), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
Kapolres Lembata, AKBP. Marthin JH Johannes, S.H  juga hadir. Ia didampingi Kepala Satuan (Kasat) Intelkam, AKP. Edwuard D Leneng, dan beberapa perwira menengah Polres Lembata.
Saat pertemuan berlangsung, beberapa anggota intelkam Polres Lembata juga memantau jalannya rapat koordinasi yang di Aula Rumah Sakit Lepra Beato Damian, Lewoleba tersebut.
Panda menjelaskan semua komponen di Kabupaten Lembata punya tugas dan tanggung jawab yang sama untuk menyukseskan Pemilu Kada Lembata. Sebab, jika hanya KPU Lembata bisa saja tidak memberikan kepuasan bagi seluruh masyarakat. Tapi kalau semua pihak baik pemerintah maupun aparat keamanan terlibat, maka akan pemilu kada di Lembata akan berjalan sebagaimana mestinya.
"Kalau kita membangun sinergi dengan baik, kita pasti akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Karena itu mulai sekarang kita harus memahami peran masing-masing untuk selanjutnya dilaksanakan secara baik pula," ujarnya.
Teknis penyelenggaraan pemilu kada di lapangan, lanjut dia, tentunya merupakan tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lembata. Tapi ada juga tugas lain yang menjadi kewenangan pemerintah instansi teknis lainnya.
Karena itu, tak ada pilihan lain kecuali semua komponen harus bergandengan tangan untuk melaksanakan untuk menyukseskan pesta demokrasi di daerah tersebut. (bb)

Camat Beri Dukungan

PADA kesempatan tersebut, Sekda Lembata, Drs. Petrus Toda Atawolo, M.Si, menegaskan para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan seluruh camat harus mendukung KPU Lembata menyukseskan pemilu kada tahun 2011 mendatang.
"Kalau ada warga yang belum terdaftar atau belum memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk), maka menjadi tugas camat dan jajarannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar mendaftarkan diri, atau segera mengurus KTP," ujar Atawolo.
Untuk itu, lanjut dia, segera usulkan program dan rencana sosialisasi dalam rangka pemilu kada tersebut. Kalau masih ada kecamatan yang belum masukan itu, silahkan diubah dan masukkan pula anggarannya sebelum diajukan ke DPRD untuk dibahas dan ditetapkan dalam APBD 2011.
Menurut dia, pemilu kada merupakan tanggung jawab semua komponen. KPU, pemerintah, aparat keamanan dan pihak lain harus sama-sama menunaikan tugas itu.
Dukungan semua pihak, akan sangat berarti bagi penyelenggaraan pemilu kada yang lancar, aman dan tertib di daerah tersebut.
"Kalau pilkada berjalan baik, maka pemimpin yang dihasilkan pun baik adanya. Bahkan kaulitas pemimpin yang dipilih masyarakat pun pasti sesuai dengan harapan bersama," ujar Atawolo. (bb)

Tidak ada komentar: